Saturday, January 25, 2020

Cara Mengaktifkan Wifi Adapter Dell Latitude E6400 di Linux Mint

   Setelah beli laptop Dell Latitude E6400 yang dulu tenar banget di zamannya. Dengan mengusung Processor C2D dengan RAM 2 Gb sepertinya sudah cukuplah untuk dibawa kerja 'Office' dan berselancar di dunia maya (Browsing & Searching)
   Karena perangkat ini dipakai bersama dengan anak, untuk dia belajar mengenal dan mengoperasikan komputer. Maka saya mengisi dengan dua sistem operasi, 'Windi7' & 'Linux Mint' semuanya 32 bit. Saya pilih sistem operasi ini saya rasa tidak terlalu berat 'running'nya.
   Pada sistem operasi Windi7 semua berjalan dengan lancar sesuai dengan karakter hardwarenya. Nah, pada saat setelah install Linux Mint kok ada yang janggal. Wifi Adapternya tidak bekerja sama sekali, jangan-jangan rusak. Lalu saya coba ke sistem operasi Windi7, Wifi Adapternya bekerja dengan baik. Mungkin karena linuxnya belum di update, maka saya mencoba untuk mengupdate dengan bantuan USB Wireless Adapter. Semua ritual saya laksanakan, dari update, upgrade, install package, semuanya sudah dipasang sesuai dengan kebutuhan. Lalu 'Reboot', setelah masuk kembali ke Linux Mint Wifi Adapter tetap tidak mau bekerja. 
   Setelah berselancar kesana dan kesitu akhirnya dapat juga bantuan dari sesama pengguna Linux. Untuk Laptop seri ini memang Wifi Adapter nya tidak bisa langsung bekerja. Dibutuhkan sedikit ritual lagi, dan setelah saya jalan hasilnya sukses. Wifi Adapter bekerja dengan sebagaimana mestinya. 
Berikut urutan ritual yang saya terapkan:

Cek perangkat Wifi Adapter
Lewat terminal saya ketikkan perintah

#sudo lspci -vnn | grep 14e4

root@mint19:/home/mint19# sudo lspci -vnn | grep 14e4
0c:00.0 Network controller [0280]: Broadcom Limited BCM4322 802.11a/b/g/n Wireless LAN Controller [14e4:432b] (rev 01)
root@mint19:/home/mint19#

Terlihat jenis Wifi Adapternya: Broadcom Limited BCM4322, setelah itu tambahkan paket B43-fwcutter dengan menggunakan 'Synaptic Package Manager'.

Setelah selesai B43-fwcutter lanjut dengan unduh firmware BCM4322, semua saya lakukan dengan menggunakan terminal.

#wget http://www.lwfinger.com/b43-firmware/broadcom-wl-5.100.138.tar.bz2
 
#tar xjf broadcom-wl-5.100.138.tar.bz2 
 
#b43-fwcutter -w /lib/firmware wl_apsta.o

Langsung terlihat proses extract, setelah selesai lakukan 'reboot system'. Masuk kembali dan Wifi Adapter sudah bekerja sebagaimana mestinya.

Referensi:

Semoga membantu 😊

No comments:

Post a Comment