Wednesday, November 28, 2018

Memperbaiki Invalid IMEI di OPPO JOY R1001

Kemarin ada klien datang bawa HP OPPO JOY R1001, keluhannya systemnya penuh. Setiap buka aplikasi apa saja yang ada di HP selalu muncul komentar "System Android telah Berhenti". Pertama-tama cukup diabaikan, semakin lama harus di reboot system. Terakhir gak bisa sama sekali.

Oleh klien akhirnya dikembalikan ke pengaturan pabrik (Reset Factory), terus sembuh. Buka aplikasi apapun yang ada di Android lancar jaya. SUKSES..!!! seneng banget si klien bisa menggunakan HP nya lagi. Setelah digunakan beberapa saat muncul sebuah kejanggalan, ada temannya si klien yang bilang kalau sudah nelpon berkali-kali tapi nomor HPnya kok gak aktif, setelah di cek ternyata bukan hanya tidak bisa menerima telepon. Tetapi tidak bisa melakukan panggilan (telepon) keluar, sampai-sampai cek pulsa saja tidak bisa. Hiks, mulai manyun lagi deh tuh klien. Akhirnya dibawa ke markas saya.

Setelah melakukan diagnosa singkat, saya putuskan untuk melakukan "Hard Reset" saja. Selesai "HardReset" saya cek kembali mode panggilan HP nya. Wew, masih belum bisa digunakan untuk melakukan panggilan dan menerima panggilan. Hingga cek pulsa saja tidak bisa, akhirnya saya lakukan diagnosa ulang yang lebih detail.

Jreng,,jreng.. Ketemulah penyebabnya, ternyata IMEI nya hilang (IMEI INVALID). Saya pastikan kembali dengan menekan tombol panggilan *#06#, hasilnya "INVALID IMEI". Ya sudah, sekarang tinggal kita menambahkan / memasukkan IMEI ke dalam system Android. Sebelum dimulai, saya catat dulu nomor IMEI yang ada di HP si klien. Posisinya ada di belakang HP, di bawah baterai. Ada S/N, IMEI 1, dan IMEI 2. CATAT semua, lalu hidupkan HP nya dan mulai pengisiannya dengan cara sebagai berikut :

Cara Mengembalikan nomor IMEI OPPO JOY R1001:
  1. Posisi HP OPPO JOY sudah ON
  2. Masuk ke "EnginerMode", dengan cara menekan tombol pangilan ke *#*#3646633#*#*
  3. Setelah masuk ke menu "EnginerMode", klik tab menu "Connectivity", lalu pilih "CDS Information"
  4.  Lanjut pilih "Radio Information"
  5. Mulai lakukan perbaikan IMEI 1 di SIM 1
  6. Untuk memasukkan IMEI 1 pilih "phone1", lalu akan muncul isian AT+EGMR=1,7,"Ketik IMEI SIM1 Disini". Selanjutnya klik "SEND AT COMMAND", dan pastikan muncul notifikasi "AT COMMAND is sent".
  7. Lanjut lakukan perbaikan IMEI2 di SIM2
  8. Untuk memasukkan IMEI2 pilih "phone2", lalu akan muncul isian AT+EGMR=1,10"Ketik IMEI SIM2 Disini". Selanjutnya klik "SEND AT COMMAND", dan pastikan muncul notifikasi "AT COMMAND is sent".
  9. Jika sudah selesai matikan HP dengan menekan tombol power yang lama, setelah mati terus nyalakan kembali.
  10. Jika HP sudah ON cek IMEI dengan menekan tombol panggilan di nomor *#06#.
  11. yups,, sukses. No IMEI sudah terlihat, gak ada lagi komentar INVALID IMEI.
Baik, selesai sudah proses pengisian IMEI, sekarang HP OPPO JOY R1001 sudah bis digunakan kembali secara maksimal. Semoga bermanfaat..😀

No comments:

Post a Comment